Mau Tetap Bugar Saat Puasa? Gunakan Bawang Merah, Begini Caranya!


Saat berpuasa, sangat mungkin fisik kita drop, karena memang kita diwajibkan untuk tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Untuk itu, kita harus benar-benar menjaga pola makan serta gaya hidup sehat kita. Sayang kan, soalnya untuk bisa optimal di dalam beribadah, kan kita harus dalam kondisi bugar. Kalau terasa lemah, letih, lesu, ibadah pun jadi kurang semangat.

Salah satu cara agar tetap bugar adalah dengan lebih banyak mengonsumsi bawang merah. Dilansir dari livescience.com (9/5/2017), bawang merah memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin yang sangat baik untuk kekebalan tubuh. Juga kaya akan vitamin C, yang bisa menjaga kebugaran tubuh.

Bawang merah juga kaya akan serat, sehingga melancarkan sistem pencernaan. Saat berpuasa, terkadang kita abai dengan minum dan mengonsumsi buah atau sayur, sehingga sering mengalami sembelit atau konstipasi. Nah, bawang merah bisa menjadi solusi.

Khasiat lain yang tak kalah penting, sebagaimana dikutip dari ncbi.nlm.nih.gov (2/1/2018), bawang merah memiliki khasiat antibakteri, sehinga mampu menjaga tubuh kita dari serangan penyakit, terlebih saat tubuh kita melemah karena puasa. Bakteri yang akan menyerang kita, bisa dibunuh oleh senyawa yang ada dalam bawang merah. Maka, bawang merah bisa menjaga kita dari penyakit semacam influenza, batuk membandel, atau diare.

Cara Menggunakannya

Konsumsilah irisan bawang merah, sebaiknya mentah, saat buka puasa atau sahur. Bawang merah bisa diiris-iris dan dicampur kecap, atau ditumbuk menjadi sambal. Jika tidak terbiasa mengunyah bawang merah mentah, bisa digunakan sebagai bawang merah goreng yang ditaburkan dalam masakan, atau bumbu masakan kita. Namun, khasiat bawang merah akan lebih optimal jika dimakan dalam keadaan mentah.

Berani mencoba?

Subscribe to receive free email updates: