Manfaat Emas Daun Salam, Jangan Remehkan, Ini Deretan Khasiatnya!


Anita adalah ibu rumah tangga sekaligus wanita karir yang sangat sibuk. Sehari-hari, dia memilih aktivitas yang tidak ribet dan efesien, termasuk dalam memasak makanan untuk keluarganya. Karena praktis, dia menggunakan bumbu instan untuk menumis sayuran atau membumbui lauk.

Akan tetapi, suatu hari, ketika ibunya datang berkunjung, beliau menceramahinya panjang lebar tentang manfaat bumbu dapur. Menurut sang ibu, sebaiknya, pakailah bumbu-bumbu dapur yang masih segar, karena memiliki khasiat yang lebih baik untuk kesehatan. Salah satu bumbu dapur yang disarankan sang ibu adalah daun salam. “Selain masakanmu lebih sedap, daun salam juga banyak manfaatnya.”

Penjelasan ibu Anita tidak salah. Daun salam memang  telah dipakai sejak berabad-abad silam oleh nenek moyang kita, dan ternyata secara ilmiah, daun salam memang terbukti memiliki banyak khasiat. Daun salam (Syzygium polyanthum atau Eugenia polyantha Wight), termasuk dalam keluarga Myrtaceae, dalam bahasa Inggris disebut juga Indonesian Bayleaf. Daun salam memiliki beberapa bahasa lain seperti “serah” atau “samak”.

Menurut situs florafaunaweb.nparks.gov.sg (retrieved 19/10/2017), pohon salam termasuk tumbuhan tropis yang tersebar secara alami di negara-negara seperti India, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Philipina, Singapura, Brunei, dan Indonesia. Seperti kita lihat, pohon salam memang banyak tumbuh di sekitar kita, bukan?

Apa sebenarnya manfaat daun salam untuk kesehatan? Ternyata banyak khasiat menakjubkan yang belum banyak diketahui masyarakat.

Mengobati Asam Urat
Daun salam memiliki khasiat mengobati penyakit asam urat karena senyawa yang terkandung di dalamnya mampu menghambat aktivitas enzim xantin oksidase. Sebagaimana kita tahu, xantin oksidase akan mengkatalisis reaksi yang mengubah hipoxantin menjadi xantin, dan nantinya akan jadi asam urat.

Sebagaimana dikutip dari publikasiilmiah.ums.ac.id (2/12/2007), ternyata pemberian daun salam mampu menurunkan kadar asam urat pada darah mencit. Demikian juga, jika diberikan pada manusia, daun salam akan membantu menurunkan kadar asam urat. Caranya bisa dengan dicampurkan dalam masakan, ini untuk pencegahan. Sedangkan jika kadar asam urat sudah tinggi, kita bisa mengambil beberapa lembar daun salam direbus dan air rebusannya diminum secara rutin.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Ada 2 jenis kolesterol dalam tubuh kita, yaitu kolesterol jahat atau Low Densisty Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Desity Lipoprotein (HDL). Kolesterol jahat akan menyumbat saluran pembuluh darah dan menimbulkan berbagai penyakit berat, sementara kolesterol baik justru akan membersihkan saluran darah. Berdasarkan penelitian Riansari dkk dari Fakultas Kedokteran Undip, sebagaimana dikutip dari eprints.undip.ac.id (27/11/2010), ternyata pemberian ekstrak daun salam mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada hewan yang diujikan.

Agar bisa menurunkan kadar kolesterol, gunakan selalu daun salam dalam setiap masakan kita. Selain menyedapkan masakan, tubuh kita juga akan lebih sehat.

Sebagai Antioksidan
Terbentuknya radikal-radikal bebas dalam tubuh karena proses oksidasi harus dicegah jika kita tidak ingin mendapatkan penyakit berat. Daun salam, menurut jurnal online eprints.ums.ac.id (retrieved 19/10/2017) mengandung zat-zat berupa sitral, eugenol, tannin dan flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat penting bagi tubuh kita.

Sebagai Penurun Tekanan Darah dan Khasiat Lainnya
Daun salam juga menurut berbagai penelitian mampu menurunkan tekanan darah, sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Daun salam juga berkhasiat mengurangi risiko terkena jantung koroner, diabetes, serta mencegah penyakit diare dan magh. Bahkan khasiat antibakteri pada daun salam juga bisa memperkuat pertahanan tubuh dari serangan kuman.

Itulah deretan khasiat daun salam yang mencengangkan. Masih nekad memasak menggunakan bumbu instan tanpa daun salam? Rugi, dong!

#Herbal
#TanamanObat
#InfoKesehatan

Subscribe to receive free email updates: